.
1. Definisi
umum
·
Bisnis adalah usaha menjual barang atau
jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada
konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba
(profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba
atau keuntungan (profit) Sehingga dapat
disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang
(organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang
dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui
transaksi.
·
TIK adalah singkatan dari
Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau jika dalam bahasa Inggris ‘Information and Communication
Technologies’, jika di singkat ‘ICT’ dapat di
artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan teknis
untuk memproses dan menyampaikan Informasi.
·
Bisnis informatika adalah suatu kegiatan
yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan
tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan
dengan teknologi informasi seperti internet berikut jenis jenis bisnis
informatika:
I.
E-Commerce secara umum
dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media
internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses
berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara
perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan
pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.
Dalam melakukan E-Commerce penggunaan internet menjadi pilihan favorit oleh
kebanyakan orang karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan
internet tersebut
·
Penjualan online (secara langsung
tanpa melalui perantara)
·
Sistem tender elektronik (suatu
model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk
menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang menawarkan harga yang
paling rendah).
·
Lelang dengan harga beli “name your
own price” (suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu ia bayar,
dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut)
·
Affiliate marketing ( suatu
perjanjian dimana rekanan pemasaran ( perusahaan, organisasi, perorangan)
mengacu konsumen ke situs web penjual )
·
Viral marketing (pemasaran dari
“mulut ke mulut” dimana konsumen menganjurkan suatu produk atau jasa perusahaan
kepada teman- temannya atau orang lain)
·
Group purchasing (pembelian dalam
skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
·
Lelang online
II.
Software house adalah sebuah
perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang
dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem informasi ini
mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya
adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan.
III.
Konsultan (pakar runding) adalah seorang
tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy service) dalam bidang
keahlian tertentu, misalnya akuntansi, pajak, lingkungan, biologi, hukum, koperasi dan lain-lain. Perbedaan antara seorang konsultan
dengan ahli biasa adalah sang konsultan bukan merupakan pegawai perusahaan sang
penggunalayan (client), melainkan seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau
bekerja di sebuah perusahaan kepenasihatan, serta berurusan dengan berbagai
penggunalayan dalam satu waktu.
·
Bertemu dengan client untuk
menentukan keperluan bisnis
·
Bekerja dengan client untuk
menetapkan jangkauan dari suatu proyek
·
Merencanakan timescale dan kebutuhan
sumber daya
·
Menjelaskan spesifikasi sistem
client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan
sifat dasar dari bisnisnya
·
Bepergian ke tempat customer
·
Berhubungan dengan staff pada semua
tingkat dari organisasi client
·
Menetapkan software, hardware dan
kebutuhan jaringan
·
Menganalisa kebutuhan IT dalam
perusahaan dan memberikan nasehat yang independen
dan objektif dalam penggunaan IT
·
Mendevelop solusi yang cocok dan
mengimplementasikan sistem baru
·
Memberikan solusi dalam laporan
tertulis ataupun lisan
·
Membantu client pada aktivitas
perubahan manajemen
·
Membeli sistem jika cocok
·
Merancang, menguji, memasang dan
memonitoring sistem baru
·
Menyiapkan dokumentasi dan
memberikan laporan proses pada customer
·
Mengatur pelatihan untuk user dan
konsultan lain
·
Mengenali potential client dan
membangun dan memelihara hubungan
2.Perkembangan Bisnis
Informatika di Indonesia dan Dunia
Saat ini perkembangan bisnis
informatika baik di Indonesia khususnya maupun di dunia sudah berkembang dengan
sangat pesat. Hampir semua bisnis baik dari perusahaan yang berskala besar
maupun yang berskala kecil menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan
bisnisnya. Teknologi informasi telah banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam
proses bisnis, seperti kemudahan mencari semua informasi yang dibutuhkan, hanya
dengan sekali klik saja kita sudah dapat menemukan informasi yang kita
butuhkan.
Kemajuan bisnis informatika di
Indonesia ini ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini dan juga
banyaknya pengguna teknologi itu sendiri, serta tidak memerlukan modal
yang banyak, lewat bantuan teknologi internet, perusahaan dapat menjalankan
bisnisnya secara E-commerce atau dengan software house, karena cukup dengan
membuat situs web yang mampu menarik perhatian, sosialisasi yang baik, maka
konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat. Para pebisnis sekarang juga
dapat melakukan perdagangan selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu
serta terjangkau semua kalangan.
Selain mengefisiensikan waktu
dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan
laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan dalam database,
mempermudah komunikasi dengan menggunakan e-mail, video conference atau
internet call jika rekan bisnis berada di negara lain. Perusahaan juga dapat
membuat CRM (customer relationship management) yaitu data record setiap
transaksi antara perusahaan dan pelanggan.
adi perkembangan dan kemajuan bisnis
dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini
berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis di bidang teknologi informasi
ini berkembang pesat karena adanya media informasi dan perangkat teknologi yang
semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis di dunia informatika ini adalah
internet. Internet merupakan jaringan komputer yang berisi sumber informasi.
Banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti
menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan suatu produk.
Pertumbuhan bisnis online shop merupakan contoh yang nyata, begitu juga warnet
yang banyak dijumpai dimana saja. Di masa mendatang, teknologi informasi dan
telekomunikasi akan menjadi sektor yang paling dominan. Saat ini saja teknologi
informasi sudah banyak berperan dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan
keuangan serta perbankan.
Teknologi informasi sangat
dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah menjadi
bagian yang sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan. Dan
bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan
menjanjikan ke depannya.
3. Contoh Perusahaan yang bergerak dalam bisnis
informatika
Tokopedia.com
adalah salah satu perusahaan jual beli berbasis digital terbesar di Indonesia.
Sejak resmi diluncurkan, PT. Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan
internet Indonesia dengan pertumbuhan yang pesat. Dengan mengusung model bisnis
marketplace dan mall online, Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil
dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak diluncurkan sampai hingga
akhir 2015, layanan dasar Tokopedia yang bisa digunakan oleh semua orang secara
gratis. Tokopedia memiliki visi untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik
Lewat Internet”, Tokopedia mempunyai program untuk mendukun para pelaku Usaha
Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka
dengan memasarkan produk secara online.
Tokopedia.com
secara resmi diluncurkan ke public pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT.
Tokopedia yang didirikan oleh William
Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Pt. Tokopedia
mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT. Indonusa Dwitama pada tahun
2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan
suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber
Agent Ventures 28 (2011), Netprice (2012), dan SoftBank Ventures Korea (2013).
Lalu pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi
pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebeas USD 100 juta atau
sekitar Rp. 1,2 Triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media
Inc (SIMI). Pada April 2016, Tokopedia kembali dikabarkan mendapatkan investasi
sebesar USD 147 juta atau sekitar Rp. 1,9 Triliun
Sumber:
https://japandiadam.wordpress.com/2012/09/29/apakah-yang-dimaksud-dengan-bisnis/
http://www.pengertianku.net/2014/10/mengenal-pengertian-tik-atau-teknologi-informasi-dan-komunikasi.html
https://cahyaningayu.wordpress.com/2016/10/04/pengertian-bisnis-informatika-dan-contoh-perusahaan-bisnis-informatika/
http://ulpiupie.blogspot.com/2011/11/bisnis-informatika.html
http://www.unpas.ac.id/apa-itu-e-commerce/
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsultan
https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/
Komentar
Posting Komentar